Nastar Lumer Jumbo ala JTT by Andin's Kitchen



by Andin's Kitchen

Aku recook cici @tintinrayner , nah untuk resep selai nanasnya komposisinya aku ganti dan selai nanas aku buat dalam porsi banyak karena ada rencana bikin nastar selanjutnya. Rencana aku mau bikin 2 versi nastar lagi nih, jadi gak ribet bikin selai 2 kali (lama bangeeeeed) ya aku sekaligus aja bikin banyak ya selainya.


Hasil jadi: 4 porsi
Bahan-bahan
Bahan nastar :
150 gram butter (orchid)
250 gram tepung kunci premium
100 gram blue band
90 gram gula halus
150 gram maizena
100 gram susu bubuk full cream
1/4 sdt vanili bubuk
3 butir kuning telur
bahan selai :
2 buah nanas ukuran besar
500 gram gula pasir
5 butir cengkeh
6 cm kayu manis
1/2 sdt vanili bubuk
sejumput garam
bahan olesan nastar :
3 butir kuning telur


Langkah

Campurkan terigu kunci, maizena, dan susu bubuk pada satu wadah. Aduk rata, sisihkan.
Kocok butter, blue band, gula halus, dan vanili bubuk sampai mengembang (gunakan mixer kecepatan sedang). Turunkan speed, masukkan kuning telor kocok asal rata.
Masukkan campuran terigu kunci, maizena, dan susu bubuk secara bertahap sambil diaduk dengan spatula atau manual saja dengan tangan (pastikan bersih dan tangan dialasi plastik) sampai rata. Adonan kulit nastar siap dipakai!
Pipihkan adonan, isi dengan selai, bentuk sesuai selera Anda. Tempatkan nastar pada loyang yang telah dialasi dengan baking paper. Lakukan sampai adonan habis.
Panaskan oven selama 10 menit dengan suhu 150 dercel.
Bakar nastar selama 15 menit dengan suhu 150 dercel, keluarkan lalu olesi dengan kuning telur, bakar kembali dengan suhu 150 dercel selama 15-30 menit (sesuaikan dengan selera kematangan masing-masing, saya suka yang kuning keemasan jadi saya bakar selama kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan warnanya "sering-sering di cek" khawatir gosong karena tiap oven lain-lain pengaturan suhunya).
Keluarkan nastar, dinginkan suhu ruangan, masukkan toples.


Cara membuat selai : nanas diblender jangan sampai halus, masak nanas blender sampai airnya agak menyusut, lalu masukkan gula pasir, kayu manis, cengkeh, garam, dan vanili bubuk. Masak hingga air sat (air habis)gunakan api kecil. Selai akan mengental sampai bisa dibentuk/dibulatkan.










Resep Populer

Followers