Puteri Salju Klasik A-la Indi by Indry Hapsari



by Indry Hapsari

Akhirnya setelah ga mood memaksakan diri bebikin cookies karena bobocah pd minta. Kambuh ngotak-ngatik resep yg disesuaikan selera saya yg doyan wangi butter sama susu yang kuat. Dan saya suka puteri salju klasik yg tanpa kacang ataupun keju didalam adonannya. Cucok marucok lah 👍👌. No step by step pic karena sudah terlalu rempong dag dig dug jantungan jagain adonan dari ulah usil bobocah😥. Bisa jadi aja udah syukur alhamdulillah 😅.


Bahan-bahan
150 gr butter (wijsman)
150 gr margarine (royal palmia)
80-90 gr gula halus
2 butir kuning telur
300 gr tepung terigu protein rendah (kunci biru premium)
50 gr tepung maizena (klo ga mau pake, ganti sm terigu)
100 gr susu bubuk full cream (dancow)
1/4 sdt vanila ekstrak (jangan vanila bubuk ya)
secukupnya gula halus dingin (bisa pakai yg biasa juga)


Langkah

Kocok dengan mixer speed rendah butter, margarine dan gula halus sebentar saja, saya 1 menit. Lalu masukan kuning telur dan vanila ekstrak, kocok rata lagi sebentar saja kurleb 10 detik.
Masukan campuran tepung terigu dan susu bubuk yang sudah diayak sebelumnya. Aduk rata menggunakan spatula kayu sampai kalis dan menjadi adonan yg bisa dipulung. (Jangan mengaduk pake tangan ya, soalnya panas dari tangan kita bisa bikin mentega lumer dan kukis jadi keras)
Gilas lalu cetak/bentuk sesuai selera. Tata dalam loyang yg sudah dialas baking paper. Kemudian panggang dalam oven suhu 140 dercel kurleb 20 menit/sampai matang. PENTING! Kenali karakter oven masing-masing, karena setiap oven lain-lain. Rajin tengokin aja kuenya 😆. Jangan over bake nnt kukisnya keras atau malah gosyong 😅.


Panas-panas gulingkan ke dalam gula halus sampai merata. Setelah dingin gulingkan kembali ke dalam gula halus sampai merata.






Resep Populer

Followers