Kue Kering Kacang Madu by Aprillia_Kitchen



by Aprillia_Kitchen

Edisi belajar bikin kuker kacang, nanya resep sama embak yg di Jawa yang tiap Lebaran selalu bikin ini kuker. Dikasih resep dg takaran 1 kg tepung dll, kan kalau bikin ukuran tepung segitu bisa mabuk kuker kacang dong saia😊, lha wong yg makan cuma berdua doang😐. Akhirnya resep q kurang2in, bikin 250 gram aja dan jadi se-toples loooh,,, uda banyak kaaaan, cukuplaaah kalo cuma buat cemilan berdua ajaaa. Tapi kalau mau dibagi2 atau mau dibikin suguhan kue lebaran ya monggo pake resep yg 1 kg bisa dikalikan untuk resep yg dibawah ini yesss😄. Oya untuk olesannya q pake madu murni, soalnya ngabisin stok madu yg masih seuprit😊 ternyata enak dan warnanya juga lumayan bagus, sayangnya pas oles kagak rata jadinya gak terlalu cantik atasnya😊.
yang belom pernah nyoba bikin monggo dicoba, dicookpad juga uda pada banyak yg share. Untuk resep rata2 sama juga kok cuma beda ukuran/jumlah bahan waktu bikinnya😊...

🐝🐝👇


Bahan-bahan
250 gr tepung terigu (q pake kunci biru)
120 gr kacang tanah, sangrai, kupas
70 gr gula halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanila bubuk/ vanili juga bole
150 ml minyak goreng
olesan:
secukupnya madu murni (bole skip, ganti kuning telor)


Langkah

Haluskan kacang dg cara ditumbuk atau diblender juga bisa (q pake blender. Kemudian campur semua bahan jadi satu, uleni dg dituangi minyak sedikit demi sedikit, minyak tidak harus sampai habis, asal adonan sudah pas HENTIKAN penggunaan minyaknya. tapi jika terasa kurang bisa semua dituang😊.


Kemudian gilas adonan dg ketebalan yg di-inginkan, lalu cetak dg cetakan yg ada dirumah, bentuk love, bunga, burung atau apalah. Q cetak bentuk bulat.


Kemudian tata diatas loyang kue yg sudah dioles margarin tipis2, lalu semir dg madu murni (kalo gak ada bisa pake kuning telor), kemudian panggang, dg suhu 130°c-150°c selama 25 menit-an. untuk suhu oven bisa disesuaikan dg suhu oven masing2 yaaa😄


Setelah matang, kelurkan dari oven dinginkan.. sajikan😊 dapet satu toples looooch😄..


Gurih, ada rasa asin, manis, dan rasa kacangnya berasaaaaa😄... manisnya gak terlalu manis, sedang sedang ajjaaaa😊


😋🐝






Resep Populer

Followers