Kue Kering: Putri Salju (Kacang Mete) by Diah Pramudita



by Diah Pramudita

Salah satu kue kering favorit sepanjang masa.hihi. Alhamdulillah kali ini sudah bisa buat sendiri. Rupanya buat kue kering putri salju ini mudah, gak ribet, gak capek banget dan lumayan cepet juga sih ngerjanya (yang lama nunggu bakingnya aja hihi)


Hasil jadi: 1 toples
Bahan-bahan
300 gram margarin+butter
2 butir kuning telur
40 gram gula halus
100 gram kacang mete
72 gram susu bubuk / 1 sachet/ 2 sdm
450 gram tepung terigu
30 gram tepung maizena
toping diatas kue:
secukupnya taburan gula halus
2 sachet susu bubuk / secukupnya


Langkah

Sangrai kaca mete sampai harum. Lalu haluskan. Untuk teksturnya terserah Anda, mau agak kasar atau halus. Tiriskan. (Jika ingin kacang metenya lebih terasa pada adonan, kacang metenya bisa ditambahkan kok)


Masukkan telur, gula halus dan margarin+butter mixer sebentar dengan kecepatan rendah (asal tercampur rata, matikan) bisa juga menggunakan whisk. Lalu tambahkan kacang mete halus, susu bubuk, tepung terigu dan tepung maizena. Aduk pakai spatula/tangan sampai adonan tercampur rata dan siap di bentuk.


Ambil adonan secukupnya, ratakan dengan rollpin atau telapak tangan. Lalu bentuk dengan cetakan kue kering. Setelah tercetak, letakkan pada talang untuk baking. (Jika menggunakan talang anti lengket langsung saja letakkan adonan. Sebaliknya jika menggunakan talang seng sebaiknya dioleskan margarin dulu secukupnya)


Baking dengan panas 125 derajat celcius selama 25-30 menit (sebelumnya oven telah dipanasi terlebih dahulu). Selalu cek keadaan kue agar matang sempurna (jangan sampai hangus atau kematangan kuenya saat baking tak rata/tak matang). Kemudian tiriskan pada tempat yang telah disediakan. Campurkan gula halus dan susu bubuk pada kue putri salju sebagai toping. (ketika selesai baking langsung ditaburi dan dicampurkan ya, biar gula halus dan susu bubuknya menempel pada semua permukaan kue)


Alhamdulillah, kue kering putri saljunya sudah siap dimasukkan kedalam toples :)






Resep Populer

Followers